Mata Kuliah

  1. Pendidikan Agama

Jalan menuju keimanan yang hakiki, pemahaman terhadap rukun Iman, sumber-sumber hukum dalam Islam, pengertian Islam dan ruang lingkup Islam, pembentukan kepribadian yang Islami, Pembentukan ahlak yang mulia, pengaturan pergaulan pria dan wanita dalam Islam, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Islam, pengaturan Islam dalam bidang perikanan dan kelautan, dakwah Islam

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

Dasar-dasar kewarganegaraan, konsep wawasan nusantara, konsep dasar ketahanan nasional, konsep bela Negara, demokrasi Indonesia, HAM, landasan-landasan dan konsep-konsep polstranas (politik dan strategi nasional).

  1. Kimia Dasar

Benda dan tenaga, stoikiometri, bangun atom, susunan berkala, ikatan kimia, ujud zat, ikatan kovalen dan struktur molekul, senyawa kordinasi, mekanisme reaksi, kimia inti.

  1. Bahasa Indonesia

Fungsi dan sikap bahasa, ejaan yang disempurnakan, ragam bahasa baku dan tidak baku, bentuk-bentuk kalimat, parafrase, paragraf essay.

  1. Bahasa Inggris

Reading comprehension, vocabulary, translation text berbahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia, translation abstrak berbahasa Indonesia kedalam Bahasa Inggris; discution; TOEFL-like Tes

  1. Fisika Dasar

Vektor, kinematika dan dinamika partikel, usaha dan enerji, momentum linier, impuls dan tumbukan, pusat masa, rotasi benda tegar, momentum sudut dan momentum gaya, mekanika dan dinamika fluida, termodinamika.

  1. Biologi

Pengetahuan dasar-dasar biologi yang mempelajari konsep-konsep hidup. Teori asal usul kehidupan, sel, jaringan, sistem organ, metabolisme organisme, pertumbuhan dan reproduksi, genetika dan ekosistem.

  1. Matematika

Gugus pengoperasian, sifat aljabar gugus, aljabar, macam-macam fungsi, limit, turunan fungsi, penerapan turunan, integral dasar, integrasi fungsi rasional dan penerapan integral, fungsi eksponen dan fungsi logaritma, penerapan fungsi eksponen dan fungsi logaritma. Pengertian/konsep matriks dan vektor, operasi matriks dan vektor, invers, determinan, adjoint matriks, ekspansi kofaktor, aturan cramer dan persamaan linier.

  1. Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan

Teori wawasan ilmu pengetahuan kelautan yang meliputi gambaran fenomena alam di kawasan pesisir dan laut serta kaitannya dengan studi dalam tinjauan ilmu biologi, kimia, fisika, geologi, serta meteorologi kelautan

  1. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Teori wawasan sosial kemasyarakatan dalam rantai kegiatan perekonomian kelautan, tatanan sosial budaya masyarakat pesisir, pemberdayaan masyarakat pesisir, serta termasuk juga keterkaitan aktivitas kegiatan kelautan dan dampaknya terhadap kehidupan sosial masyarakat pesisir.

  1. Dasar-Dasar Manajemen

Pendahuluan, perkembangan serta aliran-aliran pemikiran manajemen, tendesi pertumbuhan manajemen di Indonesia, manajemen sebagai seni dan sebagai ilmu, unsur-unsur, prinsip-prinsip, dan fungsi-fungsi manajemen, beberapa contoh manajemen praktis, beberapa alternatif untuk mengembangkan studi manajemen.

  1. Statistika

Penataan dan penyajian data, ukuran gejala dan ukuran penyimpangan, momen, kemiringan dan kurtosis, peluang dan beberapa sebarannya. Pendugaan parameter serta pengujian hipotesis, selang kepercayaan, analisis regresi dan korelasi, analisis ragam dan peragaman, analisis data deskrit, beberapa teladan penerapan.

  1. Ikhtiologi

Ikan sebagai hewan akuatik dengan sifat biologi, struktur dasar, kelompok serta posisi dan hubungannya dalam kelompok. Deskripsi umum anatomi, sepuluh sistem organ tubuh dan integrasinya dalam tubuh ikan. Ekologi, geografi dan tingkah laku ikan.

  1. Planktonologi

Terminologi, sejarah, klasifikasi, sifat adaptasi dan status plankton di dalam ekosistem perairan. Metode sampling, peralatan, penyebaran analisa kualitatif dan kuantitatif produksi primer sehubungan dengan derajat kesuburan perairan, pengantar budidaya plankton. Kegunaan /manfaat plankton dalam bidang perikanan dan bidang lain.

  1. Widya Selam I

Dasar-dasar kebugaran, teknik renang dan gaya, upaya penyelamatan diri dan orang lain di laut

  1. Pengantar Ilmu Ekonomi

Teori dasar-dasar ekonomi, hukum ekonomi, hukum permintaan-penyediaan, pasar, harga, komoditi SDA perairan

  1. Teknologi Informasi

Konsep teknologi informasi, dan komunikasi (TIK), instruksional desain, media, sumber belajar dan aplikasi teknologi informasi untuk kepentingan pendidikan. Metodologi pengembangan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi (e-learning dan multimedia). Peranan dan pengaruh teknologi informasi terhadap perkembangan yang akan dihadapi oleh dunia pendidikan dan etika dan moral teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Studi kasus terhadap pemecahan masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi.

 

 

  1. Oseanografi Umum

Sifat-sifat elementer air, termodinamika air laut, kimia air laut, arus, gelombang, pasang, dan proses pencampuran, teknik pengukuran parameter-parameter laut dan estuarin.

  1. Ekologi Laut

Biologi dan komposisi organisme laut, serta adaptasi terhadap lingkungannya. Hubungan simbiotik antara alga dan hewan, serta antar hewan laut.

  1. Biologi Laut

Biologi dan komposisi organisme laut, serta adaptasi terhadap lingkungannya. Hubungan simbiotik antara alga dan hewan, serta antar hewan laut.

  1. Avertebrata Laut

Morfologi, anatomi, taksonomi dan habitat serta peranan avertebrata air.

  1. Fisika Laut

Teori mengenai dasar-dasar fisik badan air laut, karakteristik dan distribusi massa air, energi panas, tekanan hidrostatik, stabilitas massa air, laju Coriolis, arus Geostropis, pergerakan gelombang serta sirkulasi umum massa air laut.

  1. Kimia Laut

Teori mengenai komposisi kimia badan air, meliputi : salinitas, derajat keasaman (pH), nutrisi kimiawi air laut, gas terlarut serta bahan organik, siklus biogeokimia.

  1. Meteorologi Laut

Teori mengenai komposisi dan lapisan atmosfer bumi, radiasi surya, intensitas dan lama penyinaran, tekanan udara, termasuk pula penentuan peta cuaca dan komponen iklim terutama terkait dengan aktivitas di bidang kelautan.

  1. Mikrobiologi Laut

Teori dasar mengenai jenis-jenis mikroba laut, klasifikasi, karakteristik, fungsi degradasi, siklus nutrien, indikator lingkungan, aspek bioteknologi, serta remediasi lingkungan laut.

  1. Instrumentasi Kelautan

Teori mengenai berbagai jenis instrumen yang mendukung aktivitas penelitian yang terkait dengan proses pengambilan data dan pengukuran parameter fisika, kimia, biologi dan geologi laut.

  1. Geologi Laut

Teori mengenai struktur geologi laut, petrologi, oceanic crust, termasuk pula kajian detail mengenai pengaruh fisika-kimia air laut terhadap proses thermodinamika geologi serta pengaruh perubahan muka air laut terhadap proses-proses geologi di laut.

  1. Koralogi

Teori mengenai karakteristik biologi, ekologi, habitat, sebaran, pertumbuhan terumbu karang (coral reef), termasuk pula pemahaman mengenai ancaman kerusakan, dampak kerusakan, teknik penanganan dan rehabilitasi, mitigasi, serta teknik monitoringnya.

  1. Akustik Kelautan

Teori mengenai metode dan faktor-faktor yang mempengaruhi target strenght dan volume backscattering strenght, termasuk pula sistem perolehan dan pemrosesan data akustik untuk pendugaan stock ikan, sumberdaya hayati laut, dasar laut dan lainnya secara kuantitatif serta prinsip dasar echo sounding system dan echo integration system.

  1. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai

Rancangan Pembelajaran dan Evaluasi keberhasilan mahasiswa serta kesepakatan dalam PBM; Pengertian dan ruang lingkup P-DAS; Identifikasi karakteristik biogeofisik, Identifikasi kondisi sosial ekonomi, budaya serta peran serta masyarakat, Arahan tata ruang, Perencanaan Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah yang mencakup Pola, Rencana Teknik Lapangan, Rencana Teknik Tahunan Rehabilitasi Lahan dan Konservasi (RLKT), Kapita selekta.

  1. Penginderaan Jauh Kelautan

Teori mengenai konsep dasar penginderaan jauh, meliputi : fotogrametri, sistem radar, penginderaan jauh multispektral, interpretasi data serta klasifikasi data penginderaan jauh, terutama terkait dengan aktivitas penelitian kelautan.

  1. Fisiologi Biota Laut

Definisi fisiologi hewan air, sistem pernafasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan makanan, metabolisme, osmoregulasi, sistem syaraf, hormon, reproduksi pada hewan air.

  1. Widya Selam II

Teori mengenai teknik-teknik dasar selam, macam dan penggunaan peralatan selam, serta teori selam untuk kegiatan penelitian.    

  1. Ekotoksikologi Laut

Pencemaran dan dampak bahan toksik terhadap biota perairan dan perikanan, mencakup sumber, bentuk/sifat, pengaruh bahan toksik di perairan, pengendalian pencemaran perairan.

  1. Eksplorasi SD Hayati Laut

Teori mengenai jenis-jenis sumber hayati laut dan teknik eksplorasi serta pemanfaatannya agar lebih bernilai guna, termasuk pula pemahaman mengenai siklus materi hayati tersebut dan kaitannya dengan kondisi lingkungan, pendugaan kemungkinan hasil produksinya serta perhitungan pemanfaatannya.

  1. Sistem Informasi Geografis Kelautan

Sistem manajemen data/informasi dan teknik sistem penyusunan rancangan informasi berdasarkan kebutuhan serta penyusunan database dan analisisnya. Mencakup segenap informasi tentang ekosistem perairan, serta sumberdaya yang terdapat di dalamnya, sebagai dasar perencanaan dan pemanfaatan SDP, pariwisata bahari, kawasan konservasi, perhubungan laut dan pertambangan secara optimal dan berkelanjutan. Analisis dan permodelan melalui penggunaan bahasa pemrograman database dan teknologi sistem informasi geografis (SIG).

  1. Stock Assesment (Hayati dan Non Hayati)

Menelaah konsep pendugaan stok ikan (stock assesment). Penerapan beberapa metode pendugaan stok. Evaluasi potensi dan tingkat pemanfaatan sumberdaya perairan, evaluasi potensi dantingkat pemanfaatan sumber daya disuatu perairan.

  1. Amdal Perikanan & Kelautan

Prinsip-dan implementasi Amdal di bidang perikanan. Pengenalan berbagai metode studi Amdal untuk penyusunan ANDAL, RKL, RPL, UKL dan UPL, khususnya pada kegiatan pembangunan perikanan.

  1. Teknologi Hasil Laut Komersial

Membahas berbagai komuditi berbagai perairan laut komersial yang dapat dimanfaatkan untuk industri (makanan, farmasi dan obat-obatan dll) serta prosfek pemanfaatannya dimasa ditinjau dari kandungan komponen khusus yang mempengaruhi nilai ekonomis.

  1. Metode Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah

Pendahuluan, konsep, prinsip dan teori, mencari dan menetukan masalah hipotesis, metode eksperimen dan persyaratannya, perencanaan penelitian, penulisan laporan, jenis-jenis laporan dan cara penyajiannya, outline laporan, pembahasan, format laporan.

  1. Pengolahan Data

Pengertian, peranan komputer dalam bidang perikanan, pembuatan dan penerapan program komputer dengan bahasa BASIC dalam bidang perikanan dan mengenal beberapa program aplikasi.

 

  1. Evaluasi Proyek Kelautan

Konsep proyek, identifikasi dan penilaian benefit – cost suatu proyek, analisis proyek, kriteria investasi untuk menentukan alternatif proyek dengan menggunakan metode tidak berdiskonto (undiscounted) dan berdiskonto (discounted) baik untuk traded goods maupun non traded goods, analisis sensitivitas, serta penerapan evaluasi proyek untuk sektor pertanian dan pengangkutan.

  1. Hukum Laut

Teori mengenai prinsip-prinsip hukum laut, perairan, maritim, transportasi laut dan perkapalan, meliputi pula pemahaman mengenai kebijakan pemerintah dalam tata yuridis kelautan, khususnya yang terkait dengan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya laut, ZEE dan konsepsi Wawasan Nusantara.

  1. Pemetaan Sumberdaya dan Tata Ruang Pesisir Laut [P]

Teori mengenai konsep dasar pemetaan, aplikasi data survey lapangan pada peta, dan penyajian identifikasi sumberdaya hayati laut dalam konsep visualisasi peta.

  1. Pengelolaan Wilayah Pesisir, Laut, dan Pulau-pulau kecil

Konsep-konsep sumber daya alam pesisir dan laut dari sudut pandang ekologis, termasuk potensi, pemanfaatan berkelanjutan dan manajemen, serta permasalahannya.

  1. Konservasi Sumberdaya dan Lingkungan Laut [P]

Prinsip konservasi sumberdaya hayati perairan. Strategi konservasi, termasuk konservasi genetik, pengelolaan kawasan dan rehabilitasi habitat. Penangkaran dan pemanfaatan sumberdaya berdasarkan azas kelestarian dan pembangunan berwawasan lingkungan.

 

 

  1. Bioteknologi Kelautan [P]

Dasar-dasar, pengertian, ruang lingkup dan teori-teori yang mendasari bioteknologi perikanan serta sistem pengembangannya.

  1. Ekowisata [P]

Mempelajari tentang ekosistim perairan, pengetahuan praktis tentang konsep dasar wisata perairan; pengertian dan Ruang lingkup wisata perairan serta masalah wisata perairan; kebijakan pemerintah terhadap sektor wisata perairan; komponen wisata perairan (obyek dan daya tarik wisata perairan, promosi dan pemasaran wisata perairan, pasar wisata perairan, sarana dan prasarana wisata perairan); konsep dan ruang lingkup wisata danau/waduk.

  1. Teknologi Perkapalan [P]

Teknik Perkapalan mempelajari masalah perencanaan berbagai jenis kapal, analisa bentuk badan kapal dan baling baling yang efisien dari segi hidrodinamika, konstruksi kapal, kekuatan dan getaran badan kapal, dan  perancangan galangan kapal.

  1. Budidaya Laut [P]

Teori dasar mengenai metode-metode pemeliharaan dan budidaya biota laut dalam skala laboratorium dan massal, terutama untuk tujuan konservasi dan restocking.

  1. Teknologi Penangkapan [P]

Pengertian umum, bahan untuk alat tangkap, tipe dan fungsi kapal perikanan, kegiatan penangkapan ikan. Pengenalan dan konstruksi alat- alat tangkap: trawl, set net, gill net, purse seine, pole and line, long line, dan light fishing.

  1. Pelabuhan Perikanan [P]

Pengertian, Jenis, fungsi dan kelengkapan Pelabuhan Perikanan. Analisis fasilitas dalam merencanakan dan mengembangkan pelabuhan perikanan serta dampaknya bagi lingkungan.

Mata Kuliah Konsentrasi Studi Budidaya Perairan

  1. Pendidikan Agama

Matakuliah keagamaan yang didasarkan pada agama keyakinan masing-masing mahasiswa yang diakui negara, mencakup pemahaman rukun dan iman agama, pemahaman syariat dan hukum dalam agama, norma-norma agama, dan peran agama dalam dunia pendidikan/akademika dan pembentukan karakter sivitas akademis

  1. Kewarganegaraan

matakuliah dengan cakupan pemahaman akan dasar-dasar kewarganegaraan, konsep wawasan nusantara, konsep dasar ketahanan nasional.

 

 

  1. Bahasa Indonesia

Fungsi dan sikap bahasa, ejaan yang di sempurnakan, ragam bahasa baku dan tidak baku, bentuk-bentuk kalimat, parafrase, paragraf essay.

  1. Bahasa Inggris

Reading comprehension, vocabulary, translation text berbahasa inggris ke dalam bahasa indonesia, translation abstrak bahasa indonesia kedalam bahasa inggris, discution, TOEFL-like Tes

  1. Fisika

Vektor, kinematika, dan dinamika partikel, usaha dan energi, momentum linier, impuls dan tumbukan, pusat mase. Rotasi benda tegar, momentum sudut dan momentum gaya, mekanika dan dinamika fluida,thermodinamika.

  1. Matematika

Gugus pengoperasian, sifat aljabar gugus, aljabar, macam-macam fungsi, limit, turunan fungsi, penerapan turunan, integral dasar, integral fungsi rasional dan penerapan integral, fungsi eksponen dan fungsi logaritma. Pengertian/konsep matriks dan vektor, invers, determinan, adjoint matriks, ekspansi kofaktor, aturan cramer dan persamaan linear.

  1. Biologi

Pengetahuan dasar-dasar biologi yang mempelajari konsep-konsep hidup. Teori asal-usul kehidupan, sel, jaringan, sistem organ, metabolisme organisme, pertumbuhan dan reproduksi, genetika dan ekosistem.

  1. Kimia

benda dan tenaga, stoikiometri, bangun atom, susunan berkala, ikatan kimia, wujud zat, ikatan kovalen, dan struktur molekul, senyawa koordinasi, mekanisme reaksi, kimia inti.

  1. Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan

Teori Wawasan dan Ilmu Pengetahuan kelautan yang meliputi gambaran fenomena alam di kawasan pesisir dan laut serta kaitannya, dengan studi dalam tinjauan ilmu biologi, kimia, fisika, geologi, serta meteorologi kelautan

  1. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Teori Wawasan Sosial kemasyarakatan dalam rantai kegiatan perekonomian kelautan, tatanan sosial budaya masyarakat pesisir, pemberdayaan masyarakat pesisir, serta termasuk juga keterkaitn aktivitas kegiatan kelautan dan dampaknya terhadap kehidupan sosial masyarakat pesisir.

  1. Dasar Manajemen

Pendahuluan, perkembangan serta aliran-aliran pemikiran manajemen di indonesia, manajemen sebagai seni dan sebagai ilmu, unsur-unsur, prinsip-prinsip, dan fungsi-fungsi manajemen, beberapa conto manajemen praktis, beberapa alternatif untuk mengembangkan studi manajemen.

  1. Statistika

Penataan dan penyajian, ukuran gejala dan ukuran penyimpangan, memen, kemiringan, dan kurtosis, peluang dan beberapa sebarannya. Pendugaan parameter serta pengujian hipotesis, selang kepercayaan, analisis regresi dan korelasi, analisis ragam dan peragaman, analisis data deskriit, beberapa teladan penerapan,

  1. Teknologi Informasi

Konsep Teknologi Informasi,dan komunikasi (TIK), indtruksional Desain, media, sumber belajar dan aplikasi teknolgi informasi untuk kepentingan pendidikan Metodologi pengembangan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi (e-learning dan multimedia) Peranan pengaruh teknologi informasi terhadap perkembangan yang akan dihadapi oleh dunia pendidikan dan etika dan moral teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Studi kasus terhadap pemecahan masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi.

  1. Olah Raga Air

Dasar-dasar Kebugaran, Teknik renang dan Gaya upaya penyelamatan diri dan orang lain di laut.

  1. Pengantar Ilmu Ekonomi

Teori Dasar-dasar Ekonomi, hukum ekonomi, hukum pemintaan-penyediaan, pasar, harga, komoditi SDA perairan

  1. Ikhtiologi

Ikan sebagai hewan akuatik dengan sifat biologi, struktur dasar, kelompok serta posisi Hubungannya dalam kelompok. Deskripsi umum anatomi, sepuluh sistem organ tubuh dan integrasinya dalam tubuh ikan. Ekologi, geografi dan tingkah laku ikan.

  1. Planktonologi

Terminologi, sejarah, Klasifikasi, sifat adaptasi dan status plankton di dalam ekosistem perairan.

  1. Oseanografi Umum

Sifat-sifat elementar air, thermodinamika air laut., kimia air laut, arus, gelombang, pasang, dan proses pencampuran, teknik pengukuran parameter-parameter laut dan estuarin.

  1. Avertebrata Air

Morfologi, anatomi, taksonomi, dan habitat.

  1. Ekologi Laut

Biologi dan komposisi organisme laut, serta adaptasi terhadap lingkungannya. Hubungan simbiotik antara alga dan hewan, serta antar hewan laut.

 

  1. Biologi Laut

Biologi dan komposisi organisme laut, serta adaptasi terhadap lingkungannya. Hubungan simbiotik antara alga dan hewan, serta antar hewan laut.

  1. Widya Selam II (P)

Teori mengenai teknik-teknik dasar selam, macam dan penggunaan peralatan selam, serta teori selam untuk kegiatan penelitian.

  1. Evaluasi Proyek (P)

Konsep Proyek, identifikasi dan penilaian benefit – cost suatu proyek, analisis proyek, krieria investasi untuk menentukan alternatif proyek dengan menggunakan metode tidak  berdiskonto (undiscounted) dan berdiskonto (discounted) baik untuk traded goods, analisis sensitivitas, serta penerapan evaluasi proyek untuk sektor pertanian dan pengangkutan.

  1. Metode Penelitian & Penulisan Karya Ilmiah

Pendahuluan, konsep, prinsip dan teori, mencari dan menentukan masala hipoteisis, metode eksperimen dan persyaratnnya, perencanaan penelitian, penulisan laporan, jenis-jenis laporan dan cara penyajiannya, outline laporan, pembahasan dan format lapoaran.